Thursday, April 26, 2012

what should we do on earth day ???


Oke, di jam saya sudah menunjukkan jam 23.18 malam tepatnya pada tanggal 26 april 2012. Hmm, kalo saya mau share tentang hari bumi belum basi ya..hehe,tgl 22 april kemarin kebetulan blm sempet buka-buka laptop lg, jd baru sempet diketik deh, lagiankan sebenarnya adanya penetapan hari bumi itu yg ditetapkan tgl “22 april” sebagai bentuk apresiasi positif terhadap upaya2 penyelamatan bumi  kita. Nah, untuk mengaplikasikannya kita wajib tiap hari. Sepakaaat ??? 


Hari Bumi atau earth day sudah dikenal secara luas oleh masyarakat internasional. Hari bumi diprakarsai oleh seseorang yang peduli terhadap lingkungannya. Ia adalah Gaylord Nelson. Isu mengenai pemanasan global serta pentingnya memelihara lingkungan sudah ada sejak dulu. Isu-isu bertema lingkungan inilah yang memberikan Gaylord Nelson inspirasi untuk memprakarsai terciptanya Hari Bumi.

Gaylord Nelson adalah seorang senator asal Amerika Serikat. Posisinya sebagai senator memudahkan ia untuk melancarkan aksi-aksi protes secara nasional. Isu yang saat itu diusungnya adalah permasalaha lingkungan. Ia kemudian menyarankan agar isu tentang lingkungan tersebut masuk dalam agenda nasional.

Upaya Nelson untuk mengangkat isu lingkungan di media yang lebih luas tidak mudah. Ia membutuhkan waktu hingga beberapa tahun untuk menaikkan isu lingkungan ini menjadi isu nasional di negaranya. Nelson terus melakukan kampanye akan pentingnya lingkungan di setiap kesempatan. Ia melakukannya di beberapa negara bagian dan daerah-daerah pelosok yang ada di Amerika Serikat.

Usaha Nelson akhirnya mendapat tanggapan yang baik dari warga sekitar. Banyak warga Amerika yang datang saat Nelson tengah melakukan kampanye tentang lingkungan. Masyarakat Amerika mulai menyadari pentingnya lingkungan hingga pada
22 April 1970, 20 juta warga Amerika turun ke jalan bersama Nelson dan mengkampanyekan isu-isu lingkungan yang diusungnya. Sejak itu, 22 April diperingati sebagai Hari Bumi sedunia.

Menyatukan Elit Politik

Gerakan Hari Bumi telah membuat para kalangan elit politik bersatu. Satu hal yang sulit dilakukan jika tidak dalam upaya ini. Hari Bumi yang diprakarsai Gaylord Nelson telah mempersatukan elit politik di Amerika dari berbagai kalangan, seperti kalangan republik dan demokrat.

Para politikus yang berbeda “aliran” itu bersatu dan membuat sebuah badan perlindungan bagi lingkungan Amerika bernama United States Environtmental Protection Agency. Lembaga lingkungan itu mencakup permasalahan lingkungan dalam berbagai aspek. Pencanangan air dan udara bersih merupakan agenda awal dari lembaga yang terbentuk dari gerakan Hari Bumi tersebut.

Berawal dari Amerika

Dari Amerika, Hari Bumi dikenal secara global. Pada 22 April 1990, 200 juta masyarakat dari berbagai negara melakukan aksi turun ke jalan untuk mengampanyekan betapa pentingnya lingkungan untuk keberlangsungan hidup manusia. Di tahun yang sama, Hari Bumi menjadi penyebab terjadinya KTT Bumi di Rio de Janeiro pada 1992.

Tiga puluh tahun berlalu, tahun 2000, Hari Bumi benar-benar sudah mendunia. Gerakan Hari Bumi ini mendapatkan apresiasi dari para aktivis di seluruh negara. Mereka mengumpulkan dana agar dapat digunakan untuk berbagai kegiatan yang berhubungan dengan pelestarian lingkungan. Sebanyak lima ribu kelompok aktivis lingkungan mengajak masyarakat dari 184 negara untuk ikut mengkampanyekan gerakan Hari Bumi ini.

Gaylord Nelson beserta para pemprakarsa gerakan Hari Bumi lain, seperti John McConnell, Paul D Tinari selaku pemrakarsa Hari Bumi Kanada, dan Denis Hayes selaku pendiri jaringan gerakan Hari Bumi akan terus berupaya yang terbaik untuk lingkungan. Gerakan Hari Bumi ini tentu akan sia-sia jika masyarakat luas tidak ikut berpartisipasi menyelamatkan lingkungannya sendiri.

Yaa, begitulah awal mula terbentuknya hari bumi dan kenapa bias mendunia itu, sekarang tugas kita apa ? otomatis menjaga dan melestarikannya bukan ? ga usah mikir yg berat-berat atau bikin pusing cara melestarikannya coba dimulai dari hal yg paling kecil dulu , contoh mematikan lampu pd ruangan yg tdk digunakan, mematikan keran agar air tdk banyak terbuang, mencabut charger hp setelah digunakan, meminimalkan penggunaan plastik, merawat tanaman, tdk menebang pohon sembarangan …mudah bukan ? ^^ Jadi, mulai sekarang ayo teman-teman selamatkan bumi kita ini sebaik-baiknya yaa 




Sekali lagi, Selamat Hari Bumi! Ingat, BUMI kita hanya SATU, jadi lestarikanlah :) #GoGreen #HappyEarthDay


 #isatearthday

Best Regards,
@shantihandayani


0 komentar:

Post a Comment